Cara Tidur Sehat

Apakah Anda “penggemar” tidur ? eh tentu saja :) Bukan penggemar, tapi yang jelas butuh tidur… Siapa yang tidak perlu tidur ? Tubuh kita adalah suatu mesin organik yang sangat istimewa. Ia memiliki mekanisme biokimiawi yang sangat kompleks. Tubuh kita memiliki timer yang mengatur jam berapa kita harus merasa lelah, dan jam berapa kita harus terjaga kembali. Orang yang kesehatan tubuhnya baik memiliki metabolisme yang bekerja secara optimal. Untuk mencapai metabolisme optimal itu, salah satunya diperlukan teknik tidur yang sehat.

Tahukah Anda apa saja tips tidur yang sehat ? Ini dia tips nya.

  1. Usahakan agar selalu tidur pada waktunya. Body timer kita akan bekerja dengan optimal ketika kita menepati jadwal tidur dan bangun yang teratur. Demikian pula pada saat bangun tidur, pengeluaran adrenaline pada tubuh kita akan senantiasa terjadi pada waktu yang sama, sehingga kita akan bangun dengan lebih segar.
  2. Sebisa mungkin, rutinkan olah raga. Dengan melakukannya secara teratur kita menetralisir ketegangan fisik dan fikiran dengan cara yang lebih sehat.
  3. Ciptakan suasana tidur yang nyaman, jaga cahaya, kelembaban dan suhu udara kamar tidur.
  4. Lakukan ritual tidur yang menenangkan seperti berdoa, membaca bacaan ringan, dan memikirkan yang indah-indah.
  5. Hindari memikirkan masalah pekerjaan dan beban pikiran yang berat pada saat hendak tidur. Hal ini akan terbawa pada alam bawah sadar kita, sehingga tubuh kita gagal memasuki fase “deep sleep”, sehingga meskipun waktu tidur kita lama,  tapi tubuh kita tidak beristirahat optimal.
  6. Hindarkan kejadian tidur karena kelelahan.
  7. Jangan tidur pada selain jamnya.
  8. Jangan tidur dalam keadaan lapar dan kekenyangan… karena keduanya akan menganggu tubuh kita beristirahat dengan baik, sehingga bangunnya pun akan terganggu.

Gampang kan? Nah, selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Posted in Uncategorized | Leave a comment

PHBS

TUJUAN PHBS

Untuk meningkatkan pengetahuan,kesadaran,kemauan dan kemampuan masyarakat agar hidup bersih dan sehat,serta menigkatkan peran serta aktif masyarakat termasuk swasta dan dunia usaha dalam upaya mewujudkan derajat kesehatan yang optimal.

20 BUTIR KAIDAH HIDUP SEHAT MENUJU INDONESIA SEHAT 2010

PESAN POKOK GAYA HIDUP

1. Berolah raga secara teratur.

2. Mengendalikan strees.

3. Menghindari rokok,minuman keras dan obat/ bahan berbahaya.

4. Menyadari bahaya AIDS,dan ikut berupaya menanggulangi.

5. Istirahat yang cukup.

PESAN POKOK KESEHATAN LINGKUNGAN

1. Menggunakan jamban (WC) apabila buang air besar. Sedangkan bayi dan orang sakit kotorannya juga di buang ke jamban.

2. Menggunakan air bersih (tidak berbau, tidak berasa, tidak berwarna) dan untuk diminum perlu di masak lebih dahulu.

3. Membuang sampah pada tempatnya dan memberantas sarang nyamuk.

4. Keadaan rumah tidak padat penghuni,menghindarkan rumah dari sarang tikus dan jentik nyamuk.

5. Mencuci tangan sebelum makan dan sesudah buang air besar dengan sabun dan air bersih.

PESAN POKOK PANGAN DAN GIZI

1. Makan makanan yang bervariasi dengan gizi yang seimbang, 3x sehari, 2x sehari untuk makanan selingan.

2. Menggunakan garam beryodium.

3. Ibu hamil agar menambah makanan yang mengandung zat besi.

4. Memanfaatkan pekarangan dengan tanaman pangan dan tanaman obat-obatan.

5. Pemberian makanan untuk Balita sesuai dengan umur.

PESAN POKOK KESEHATAN IBU DAN ANAK

1. Ibu hamil memeriksakan kehamilan ke sarana / petugas kesehatan minimal 4 kali selama kehamilan dan makan pil tambah darah setiap hari.

2. Ibu bersalin melakukan persalinan ke saran/ petugas kesehatan. 2. Ibu yang mempunyai bayi agar memberi ASI eksklusif pada bayinya.

3. Ibu membawa bayi dan balitanya ke posyandu atau sarana kesehatan untuk ditimbang dan memantau perkembangannya setiap bulan.

PESAN POKOK PERAN SERTA DALAM UPAYA KESEHATAN

1. Ibu hamil dan anak balita mengikuti immunisasi lengkap.

2. Memanfaatkan sarana kesehatan apabila memerlukan pelayanan kesehatan.

3. Menjadi peserta JPKM.

4. Melakukan kesehatan mandiri misalnya menyediakan obat asli indonesia di keluarga.

KEGIATAN Kegiatan pokok yang dilakukan, sesuai dengan strategi yaitu :

1. Strategi Advokasi dilakukan dengan pengembangan kebijakan yang mendukung pembangunan kesehatan melalui konsultasi pertemuan-pertemuan dan kegiatan-kegiatan lain kepada para pengambil keputusan baik kalangan pemerintah, swasta maupun pemuka masyarakat.

2. Strategi Bina Suasana dilakukan dengan a). Pengembangan potensi budaya masyarakat dengan mengembangkan kerjasama lintas sektor termasuk organisasi kemasyarakatan, keagamaan, pemuda, wanita serta kelompok media massa. b). Pengembangan penyeleggaraan penyuluhan, mengembangkan media dan sarana, mengembangkan metode dan teknik serta hal-hal yang mendukungan penyelenggaraan penyuluhan.

3. Strategi Gerakan Masyarakat dilakukan dengan a). Pendekatan kepada kelompok sasaran. b). Kegiatan penyuluhan langsung atau melalui media, baik kepada perorangan, kelompok maupun masyarakat luas. c). Pengkajian masalah di daerah binaan PHBS. d). Pelatihan / orientasi bagi petugas kesehatan LS, LSM dan kelompok Profesi.

INDIKATOR PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT

Indikator adalah suatu petujuk yang membatasi fokus perhatian suatu penilaian. Dalam kegiatan penilaian suatu program, indikator digunakan sebagai petunjuk untuk membatasi fokus perhatian penilaian program tersebut. Indikator PHBS meliputi indikator tatanan rumah tangga,institusi pendidikan, sarana kesehatan, tempat umum dan tempat kerja.

Posted in Uncategorized | Leave a comment

Hello world!

Welcome to WordPress.com. This is your first post. Edit or delete it and start blogging!

Posted in Uncategorized | 1 Comment